Pangdam: Yang Demo Bukan Musuh, Melainkan Saudara Kita

Pangdam: Yang Demo Bukan Musuh, Melainkan Saudara Kita
Demo 4 November di Balikpapan. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com - BALIKPAPAN – Beredar kabar akan ada kelompok masyarakat di Kalimantan Timur yang akan menggelar aksi unjuk rasa pada Jumat (25/11) besok.

Namun, Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin menyebutkan, hingga siang kemarin, belum ada pemberitahuan dari masyarakat yang hendak melakukan demonstrasi Jumat besok.

Karena itu, jika ada demonstrasi besok, pihaknya akan membubarkan karena belum ada izin.

“Kami bubarkan. Namun lihat kondisi dulu,” jawabnya usai memimpin apel kesiapsiagaan di Lapangan Merdeka, Balikpapan, Rabu (23/11).

Artinya, ketika massa tertib dan patuh untuk mau membubarkan diri, pihaknya beri toleransi untuk membubarkan. Sebab, selain tidak mengantongi izin, dikhawatirkan mengganggu aktivitas masyarakat.

Namun, ketika tak menghiraukan, Polri dibantu TNI akan melakukan tindakan pembubaran.

“Karena sudah melanggar UU. Kalau sudah izin, pasti kami lindungi menyampaikan aspirasi,” tutur jenderal bintang dua ini.

Ini sesuai maklumat yang dikeluarkan kapolda (lihat bagian bawah). Menurut mantan Wakabaintelkam ini, bukan melarang untuk demonstrasi melainkan untuk memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat.

BALIKPAPAN – Beredar kabar akan ada kelompok masyarakat di Kalimantan Timur yang akan menggelar aksi unjuk rasa pada Jumat (25/11) besok. Namun,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News