Pangkas Pulau Terpencil, Kemenhub Siapkan 18 Kapal Perintis

Pangkas Pulau Terpencil, Kemenhub Siapkan 18 Kapal Perintis
Pangkas Pulau Terpencil, Kemenhub Siapkan 18 Kapal Perintis

JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan 18 unit kapal perintis yang akan direalisasikan hingga akhir 2014. Kapal perintis ini sebagai upaya untuk mendukung progran pemerintah dalam memangkas daerah-daerah yang belum maksimal mendapatkan pelayanan transportasi laut.
 
"Pengadaan kapal sejalan dengan upaya kami untuk memperkuat armada, khususnya untuk pengadaan layanan transportasi laut bagi pulau-pulau terpencil yang dari sisi fasilitas memang masih sangat minim," tuturnya di Jakarta, Selasa (30/7).

Ditambahkan, pengadaan kapal perintis juga diharapkan mampu mendukung pengiriman logistik. "Selain untuk mengangkut penumpang, kapal perintis juga diharapkan mampu mendukung pengiriman logistik ke pulau yang masih belum tersentuh serta minim perhatian dari industri pelayaran dalam negeri," kata Bobby.

Pengadaan 18 kapal perintis tersebut,  imbuh dia, terbagi dalam dua tahapan. Yakni 11 kapal akan diselesaikan pada tahun ini dan sisanya ditargetkan rampung akhir 2014. Di mana dana pengadaan 11 kapal perintis ini masuk dalam anggaran yang dialokasi Kemenhub sekira Rp 407,8 miliar dalam menyokong operasi layanan angkutan laut perintis.

"Untuk pengadaan tujuh unit kapal perintis yang ditargetkan rampung pada tahun depan, sumber pendanaannya berasal dari dana tahun jamak DIPA Satker Peningkatan Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Laut Pusat Jakarta Tahun Anggaran 2013-2014," tutup Bobby. (ian/jpnn)


JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyiapkan 18 unit kapal perintis yang akan direalisasikan hingga akhir 2014. Kapal perintis ini sebagai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News