Panglima TNI Tolak Ajakan Menhan Tiongkok Gelar Latihan Bersama di LCS

Panglima TNI Tolak Ajakan Menhan Tiongkok Gelar Latihan Bersama di LCS
Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmatyo. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmatyo menolak ajakan Menteri Pertahanan Tiongkok Chang Wanquan untuk latihan maritim bersama dengan negara-negara Asia Tenggara di Laut China Selatan (LCS). Dia tak mau membuat situasi keamanan di LCS semakin memanas.

Sikap ini ditegaskan Gatot saat menghadiri Rapat Kerja dengan Komisi I DPR, Senin (19/10). Dia menegaskan, TNI harus segaris dan mematuhi apa yang menjadi kebijakan pemerintah, yakni bertekad mewujudkan kedamaian dan stabilitas keamanan di LCS.

"Pemerintah mengimbau agar semua untuk tidak melaksanakan kegiatan-kegiatan di LCS yang meningkatkan tensi di LCS. Itu harus dipatuhi. Artinya, TNI diajak negara manapun untuk latihan dan meningkat tensi di LCS, sebaiknya tidak dilakukan," kata Gatot.

Apapun alasannya, termasuk anggapan bahwa latihan maritim bersama untuk meredakan ketegangan antara Tiongkok-Vietnam, Gatot tidak mau terpancing. Lagi-lagi dia menyatakan TNI patuh pada pemerintah Indonesia.

"Sekarang begini, apapun alasan media, saya patuh terhadap pemerintah Indonesia. Masalah latihan bersama, kebijakan Panglima TNI adalah mematuhi kebijakan pemerintah," pungkasnya.(fat/jpnn)


JAKARTA - Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmatyo menolak ajakan Menteri Pertahanan Tiongkok Chang Wanquan untuk latihan maritim bersama dengan negara-negara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News