Panitia Antisipasi Politik Uang di Kongres PAN

Panitia Antisipasi Politik Uang di Kongres PAN
Panitia Antisipasi Politik Uang di Kongres PAN
JAKARTA - Ketua Organizing Committee (OC) Kongres III PAN, Taufik Kurniawan, mengatakan, pihaknya akan berupaya meminimalisir terjadinya politik transaksional dan politik uang dalam Kongres III PAN yang akan berlangsung di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, 8-10 Januari 2010 mendatang.

"Antsispasi tersebut perlu dilakukan mengingat pengalaman pada Kongres I dan II disinyalir sarat dengan fenomena politik transaksional dan politik uang," kata Taufik Kurniawan, di gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/10).

Dia jelaskan, fenomena politik transaksional dan uang terjadi di hampir seluruh partai politik di Indonesia. “Tidak bisa dihindari. Bukan hanya di PAN, di partai lain juga hampir selalu ada. Tapi, kita akan berusaha meminimalisir karena hal itu sulit dihilangkan mengingat kita bukan malaikat,” tegasnya. Langkah ini sesuai tausiah dari Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) Amien Rais yang selalu mengingatkan agar seluruh kader PAN menghindari praktek korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN).

Sementara anggota Steering Committe (SC), Chandra Usman mengungkapkan, Kongres III PAN akan memperebutkan 1.255 suara. Setiap Dewan Pimpinan Daerah (DPD) tingkat II akan memiliki dua suara, yang diwakili ketua dan sekretaris. Sedangkan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) I akan diberikan tiga suara melalui ketua, sekretaris, dan bendahara. Saat ini, PAN mempunyai 495 DPD dan 33 DPW.

JAKARTA - Ketua Organizing Committee (OC) Kongres III PAN, Taufik Kurniawan, mengatakan, pihaknya akan berupaya meminimalisir terjadinya politik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News