Panitia Pusat Ikut Bingung Nilai Nol

Panitia Pusat Ikut Bingung Nilai Nol
Luapan Kelulusan: Berbagai macam cara dilakukan oleh siswa-siswi untuk meluapkan kelulusan. Foto: Suwarjono/Kendaripos/JPNN
JAKARTA - Penyebab munculnya nilai 00,00 saat pengumuman hasil ujian nasional (unas) SMA pada Senin (16/5) hingga kini masih belum diketahui. Sebab, dari sistem penilaian Unas 2011, semestinya mustahil ada siswa yang memperoleh nilai 00,00.

Mengapa demikian? Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) menetapkan bahwa nilai akhir yang diumumkan Senin lalu itu tidak semata berasal dari nilai unas. Tapi, nilai tersebut sudah dikombinasi dengan nilai ujian akhir sekolah (UAS).

Karena itu, meski siswa sama sekali tidak bisa mengerjakan soal unas alias semua jawaban salah, nilai akhir tetap tidak bisa nol. Apalagi Kemendiknas beberapa kali menyebutkan bahwa nilai UAS yang disetor sekolah rata-rata 7 dan 8. Dengan bobot UAS 40 persen dan unas 60 persen, setelah dijumlahkan kemudian dibagi dua, tetap akan muncul nilai, bukan nol.

Kalaupun ketika mengerjakan unas jawaban siswa salah semua, mereka tidak akan mendapat nilai 00,00. Sebab, mereka masih mendapat nilai dari UAS. Jawaban siswa bisa salah semua karena memang tidak mampu atau mengandalkan kunci jawaban yang keliru.

JAKARTA - Penyebab munculnya nilai 00,00 saat pengumuman hasil ujian nasional (unas) SMA pada Senin (16/5) hingga kini masih belum diketahui. Sebab,…