Pansel Gandeng PPATK dan KPK

Pansel Gandeng PPATK dan KPK
Pansel Gandeng PPATK dan KPK
JAKARTA - Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rhenald Kasali mengatakan, pihaknya akan melibatkan Pusat Pelaporan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan KPK. Hanya saja, kata dia, PPATK dan KPK akan dilibatkan pada proses seleksi akhir.

"Saya kira itu usulan bagus, karena kedua lembaga itu punya track record yang bagus. Tapi tidak di tahap awal karena saringannya masih kasar dulu," kata Rhenald di sela-sela diskusi di Warung Daun Cikini, Jakarta, Sabtu (29/5).

Menurut Rhenald, jika Pansel sudah menyaring 20 nama maka informasi dan data dari PPATK dan KPK sangat dibutuhkan. "KPK kan punya informasi dan data keterlibatan orang-orang. Nanti kita lihat lagi. Tapi semuanya akan disaring oleh Pansel," tegasnya.

Terkait dengan kekayaan masing-masing calon, anggota Pansel dari kalangan profesional itu akan melihat SPPT, bukan surat setoran pajak karena dalam SPTT terdapat laporan kekayaan yang akan diajukan. "Dia dapat income-nya berapa, bayar pajak berapa. Karena orang yang kaya kan pandai menyembuyikan hartanya," katanya.

JAKARTA - Anggota Panitia Seleksi (Pansel) Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Rhenald Kasali mengatakan, pihaknya akan melibatkan Pusat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News