Pansus Angket Paling Ampuh

Pansus Angket Paling Ampuh
Pansus Angket Paling Ampuh
JAKARTA -- Dari sejumlah institusi yang terlibat dalam pengusutan skandal bailout ke Bank Century, hanya DPR yang punya potensi untuk menggoyang kursi kekuasaan presiden dan wakil presiden. Menurut pakar hukum tata negara dari Universitas Indonesia (UI), Irman Putra Sidin, hanya DPR melalui pansus angket saja yang bisa mempertanyakan langsung ke presiden mengenai alasan diterbitkannya Perppu No 4 Tahun 2008 tentang Jaringan Pengaman Sistem Keuangan (JPSK).

Kebijakan itulah yang mendajadi dasar pengucuran dana Rp6,7 triliun ke bank Century, meski sebenarnya tidak mendapat persetujuan dari DPR. "Pansus bisa mempertanyakan hal itu ke presiden." ujar Irman Putra Sidin dalam diskusi bertema 'Angket Century: Sandiwara Politik Partai Koalisi?' di gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Senayan, Rabu (9/12).

Dia membandingkan mekananisme kerja pansus angket DPR dengan instansi penegak hukum lainnya, seperti kepolisian dan KPK. Penyidik kepolisian, rasanya tidak mungkin meminta keterangan presiden dan wapres. Sementara, KPK juga bakal kesulitan untuk mempidanakan seorang presiden dan wapres. Karenanya, menurut Irman, yang paling punya potensi untuk menggoyang kekuasaan justru pansus angket.

Dengan catatan, jika pansus bisa menggunakan kewenangannya secara serius. Pansus angket bisa menggunakan kewenangannya untuk meminta keterangan presiden, wapres, gubernur Bank Indonesia, dan Menkeu Sri Mluyani. (sam/jpnn)

JAKARTA -- Dari sejumlah institusi yang terlibat dalam pengusutan skandal bailout ke Bank Century, hanya DPR yang punya potensi untuk menggoyang


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News