Papan Reklame Bukan Penyebab JPO Pasar Minggu Roboh

Papan Reklame Bukan Penyebab JPO Pasar Minggu Roboh
BERKARAT: Sampel besi karatan yang diambil Tim Puslabfor Mabes Polri dari jembatan penyeberangan orang (JPO) Pasar Minggu yang roboh saat hujan deras, Sabtu (24/9). Foto: Polres Metro Jaksel

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Bidang Balistik Metalurgi Forensik Puslabfor Bareskrim Polri, Kombes Ulung Kanjaya menyatakan, papan reklame dan  hujan deras tidak akan menyebabkan jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Raya Pasar Minggu rubuh. Sebab, JPO seharusnya sudah didesain dengan konstruksi yang kuat dan tahan  hujan.

"Kalau jembatannya bagus, sebenarnya bisa bertahan," kata Ulung usai menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di JPO Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (25/9).

Karenanya dia menepis anggapan yang menyebut papan reklame menjadi faktor penyebab robohnya JPO yang menghubungkan sisi pusat perbelanjaan tradisional dengan Stasiun Pasar Minggu itu. Namun, katanya, asumsi itu tetap akan dibuktikan di laboratorium forensik.

Ulung menambahkan, segala aspek baik papan reklame, usia JPO, serta faktor hujan kemarin akan menjadi pertimbangan dalam penelitian. Dari penelitian itu pula akan diketahui penyebab pasti robohnya JPO.

"Sebelum ada hasil labfor, semua bisa saja diasumsikan. Kuatnya dorongan angin juga dapat menyebabkan jembatan jatuh," terang Ulung.(mg4/jpnn)

 


JAKARTA - Kepala Bidang Balistik Metalurgi Forensik Puslabfor Bareskrim Polri, Kombes Ulung Kanjaya menyatakan, papan reklame dan  hujan deras


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News