Para Tokoh Hadiri Pemakaman Demonstran

Para Tokoh Hadiri Pemakaman Demonstran
Para Tokoh Hadiri Pemakaman Demonstran
PEMALANG – Pemakaman Andi Parelley MH Mattalata, yang meninggal dunia saat berorasi dalam aksi memeringati Hari Antikorupsi se-dunia 9 Desember di Jakarta, dilakukan kemarin (10/12). Jenasah Ketua Sub Koordinator (Sukor) Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi (GNPK) Kabupaten Pemalang itu dimakamkan di kampung halamannya, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Kelurahan Wanarejan Utara Kecamatan Taman, Pemalang, Jawa Tengah. Jenasah bapak tiga anak itu sempat disemayamkan semalam di rumah orang tuanya itu karena baru tiba dari Jakarta pada Rabu (9/12) petang.

Sejumlah tokoh masyarakat ikut bertakziyah ke rumah duka di antaranya Wakil Bupati H Junaedi SH, Anggota DPRD dari FPAN Drs Bambang Agus Rohim, Camat Pemalang Suharto SIP, tokoh-tokoh LSM baik di tingkat Kabupaten Pemalang maupun Provinsi bahkan nasional, juga organisasi kemasyarakatan dan pemuda. Selain itu sejumlah pelajar juga turut mengantar kepergian tokoh anti korupsi tersebut.

Nasir Efendi BcHk, aktifis LSM rekan almarhum, memberikan penilaiannya mengenai sosok Andi. Dia mengatakan, masa hidupnya Andi dikenal sebagaioi sosok yang konsisten. Berbagai karyanya di bidang pemberantasan korupsi terukir sejak sebelum terbentuknya Sub Koordinator (Sukor) GNPK Kabupaten Pemalang. Andi sebelumnya sudah bergabung dengan LSM Komite Masyarakat Pemalang Anti Korupsi atau Kompak.

Selain aktif di LSM anti korupsi Andi juga memiliki kepedulian sosial  yang tinggi semasa hidupnya. Dia membentuk rumah singgah al ikhlas (Rumsas) untuk menampung anak-anak jalanan di Pemalang. Melalui kegiatannya ini dia dikenal anak-anak terminal, pengamen- pengamen jalanan. Bahkan karena aktifnya kegiatan bersama anak jalanan, sampai  pemerintah daerah memfasilitasi kegiatan - kegiatan itu.

PEMALANG – Pemakaman Andi Parelley MH Mattalata, yang meninggal dunia saat berorasi dalam aksi memeringati Hari Antikorupsi se-dunia 9 Desember

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News