Parah! Perambahan Hutan Dieng Semakin Luas

Parah! Perambahan Hutan Dieng Semakin Luas
Parah! Perambahan Hutan Dieng Semakin Luas

jpnn.com - BANJARNEGARA - Warga Dieng yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Lingkungan Dataran Tinggi Dieng (FKMPLDTD) melaporkan adanya perambahan hutan di pegunungan Dieng. Pemerintah dituntut bertindak karena masyarakat sekitar merasakan dampak buruk akibat alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian.

Ketua Forum KMPLDTD, Zaenal Abidin mengatakan sudah ada balasan dari dinas kehutanan provinsi.

"Kami diminta mengirimkan data dan bukti disertai foto serta keterangan lengkap tentang perambahan hutan tersebut agar lebih jelas," ungkapya.

Area hutan yang saat ini mulai alih fungsi meliputi, wilayah Cagar Alam Telaga Sedringo, Terbis Kecamatan Blado Kabupaten Batang dan sekitar, Hutan Tlagabang Kecamatan Batur Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah. Lokasi tersebut merupakan tempat resapan air.

"Perambahan hutan tersebut saat ini dialihfungsikan menjadi lahan pertanian dan juga terjadi pembalakan hutan,"katanya.

Pihaknya meminta agar dilakukan pengusutan dan peninjauan lapangan agar ada tindak lanjut segera dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah sebelum tanggal 1 Agustus.

"Agar tahu siapa yang melakukan hal tersebut, karena sudah jelas jika ingin menggunakan lahan harus lapor dulu seperti yang terpampang di papan,"ucapnya.

Warga yang sebagian merupakan petani khawatir jika dampak dari perambahan hutan tersebut dapat mengakibatkan bencana di daerah hulu hingga hilir. Dia menambahkan, berdasarkan pengamatan terbaru bahwa perluasan areal pembukaan hutan semakin meningkat.

BANJARNEGARA - Warga Dieng yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Peduli Lingkungan Dataran Tinggi Dieng (FKMPLDTD) melaporkan adanya perambahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News