Pasar Produk Didominasi Cina, Indonesia Catat Defisit

Pasar Produk Didominasi Cina, Indonesia Catat Defisit
Pasar Produk Didominasi Cina, Indonesia Catat Defisit
JAKARTA - Barang-barang produksi impor Cina membanjiri pasar Indonesia sepanjang tahun 2010. Negara Tirai Bambu ini menjadi negara pemasok barang impor terbesar, disusul Jepang dan Singapura. Indonesia pun mencatat defisit neraca perdagangan terbesar dengan Cina yakni mencapai USD 5,6 miliar.

Namun, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (1/2), Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Rusman Heriawan mengatakan, tidak perlu ada yang khawatir perihal ini. Karena katanya, besarnya barang-barang impor ke Indonesia, bukan hanya untuk satu jenis barang saja dan bukan merupakan barang jadi.

"Defisit terbesar 2010 memang dengan Cina, (yakni) USD 5,6 miliar, mengalahkan surplus dengan AS. Tapi jangan khawatir dan berpikir negatif, (soal) besarnya impor dari Cina. Karena barangnya lebih besar barang modal, tapi usahanya di sini. Jadi investasi Cina di Indonesia juga meningkat," kata Rusman.

Dijelaskan, nilai impor Indonesia pada Desember 2010 tercatat sebesar USD 13,09 miliar. Sedangkan sepanjang tahun 2010, nilai impor mencapai USD 135,61 miliar, atau meningkat 40,05 persen jika dibanding impor periode yang sama tahun sebelumnya yakni sebesar USD 96,83 miliar.

JAKARTA - Barang-barang produksi impor Cina membanjiri pasar Indonesia sepanjang tahun 2010. Negara Tirai Bambu ini menjadi negara pemasok barang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News