Pasokan Menipis, Pertamina Masih Jamin Ketersediaan

Pasokan Menipis, Pertamina Masih Jamin Ketersediaan
Pasokan Menipis, Pertamina Masih Jamin Ketersediaan
JAKARTA - Pertamina mengajukan tambahan 1,8 juta kilo liter (KL) bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk tahun ini kepada DPR. Dan hingga permintaan tersebut dipenuhi, pihkanya berjanji untuk terus menjaga kemanan stok BBM bersubsidi di masyarakat.

Seusai Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VII DPR RI kemarin, Direktur Pertamina Karen Agustiawan menjamin bahwa saat ini ketersediaan BBM di masyarakat masih mencukupi. Karena itu dia berharap bahwa masyarakat tidak dilanda kepanikan karena khawatir tidak mendapatkan BBM. "Pasokan cukup," tegas dia kemarin.

Meski demikian dia tak menutup kemungkinan adanya aksi kepanikan yang meyebabkan pembelian secara besaran-besaran di masyarakat terutama menjelang rencana penerapan pembatasan BBM subsidi pada 1 Januari 2011. Oleh karena itu, Pertamina akan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mencegah terjadinya reaksi pasar yang berlebihan terkait dengan rencana pemerintah untuk melakukan pembatasan BBM bersubsidi mulai 2011. Terutama mereja yang sengaja melakukan rush dan menimbun minyak. "Kami akan kerja sama dengan polisi melakukan pengawasan." Pertamina juga akan meminta peran serta Badan Pengatur Hilir Minyak Bumi dan Gas (BPH Migas) maupun pemerintah daerah.

Terkait dengan jumlah kuota BBM subsidi yang makin menipis, Pertamina sebenarnya sudah mendapatkan penambahan BBM bersubsidi sekitar 1,8 juta kiloliter (Kl) dari kuota subsidi sebanyak 36,5 juta Kl. Sehingga pada akhir tahun, Pertamina akan "menyalurkan BBM bersubsidi sebanyak 38,379 juta KL. Jumlah tersebut merupakan hasil dari rapat bersama BPH Migas, Ditjen Migas Kementerian ESDM, Kementerian Keuangan, dan Menko Perekonomian pada 23 November 2010.

JAKARTA - Pertamina mengajukan tambahan 1,8 juta kilo liter (KL) bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi untuk tahun ini kepada DPR. Dan hingga permintaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News