Paus Fransiskus: Natal Telah Disandera!

Paus Fransiskus: Natal Telah Disandera!
Paus Fransiskus mencium patung Bayi Yesus saat prosesi misa malam Natal di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Sabtu (24/12). Foto: Tony Gentile/Reuters

jpnn.com - JPNN.com - Paus Fransiskus merasa perayaan Natal sudah bergeser dari makna yang sesungguhnya. Menurutnya, Natal telah "disandera" oleh hal-hal duniawi yang membutakan umat.

Keresahan tersebut disampaikan Fransiskus dalam khotbah misa malam Natal di Basilika Santo Petrus, Vatikan, Sabtu (24/15).

Di hadapan 10 ribu jemaah dia menekankan, pesan Natal sesungguhnya adalah kerendahan hati, kesederhanaan dan misteri.

"Jika kita ingin merayakan Natal secara otentik, kita perlu merenungkan hal-hal ini: kesederhanaan nan rapuh seorang bayi yang baru lahir, kelembutan di mana dia berbaring, kasih sayang nan lembut sebuah lampin. Tuhan ada di sana," ujar Fransiskus.

Sang pemimpin umat Katolik dunia mengingatkan bahwa ketika Yesus lahir banyak orang-orang di sekitarnya yang menolak untuk percaya.

Banyak juga yang menanggapi dengan sikap tidak acuh.

Semua itu, lanjutnya, bisa terulang lagi di masa sekarang. Ketika Natal hanya menjadi sebuah pesta dengan manusia sebagai pusatnya, dan bukan Yesus.

"Ketika kemilau materialisme menempatkan cahaya tuhan di dalam bayang-bayang. Ketika kita disibukkan dengan hadiah-hadiah, tetapi dingin terhadap mereka yang termarginalkan," papar Fransiskus.

JPNN.com - Paus Fransiskus merasa perayaan Natal sudah bergeser dari makna yang sesungguhnya. Menurutnya, Natal telah "disandera" oleh hal-hal duniawi

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News