Paus Ingatkan Toleransi Beragama

Dubes Vatikan Bacakan Pesan Natal 2010

Paus Ingatkan Toleransi Beragama
Jemaat Gereja GKI Yasmin melaksanakan kebaktian di trotoar jalan dan dijaga ketat oleh aparat Brimob, Sabtu (25/12). Foto: Sofyansyah/Radar Bogor-JPNN
JAKARTA - Perayaan Natal di Ibukota Jakarta berlangsung khidmat. Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Leopordo Girelli, membacakan pesan Natal kepada umat Kristiani Indonesia dari Paus Benedictus di Gereja Katedral Jakarta. Dalam sambutan menjelang misa yang dipimpin Uskup Agung Jakarta, Ignatius Suharyo, Girelli menyatakan bahwa kebebasan beragama merupakan jalan menuju perdamaian dunia.

"Hak kebebasan beragama berakar pada martabat manusia. Tanpa adanya kebebasan, martabat manusia akan menjadi cacat dan direndahkan," ujar Paus dalam pesan yang dibacakan Girelli kemarin (25/12).

Girelli mengatakan, Indonesia membutuhkan Tuhan untuk menjadi negara yang damai. Dalam hal tersebut agama dapat memberikan sumbangan yang berharga kepada negara dan keadilan masyarakat. Leopordo menjelaskan, bahwa diantara hak-hak asasi dan kebebasan yang berakar pada harkat dan martabat manusia idealnya tidaklah diingkari. "Apabila kebebasan tersebut diingkari, maka martabat manusia itu sendirilah yang tidak baik," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Uskup Agung Ignatius Suharyo mengingatkan umat kristiani untuk menjadi kristus-kristus kecil dalam lingkungannya masing-masing. Keluarga, teman maupun rekan sejawat. Uskup Agung mengingatkan untuk memulai hal tersebut dari hal-hal yang kecil dalam kehidupan. Tema yang digelar dalam misa Advent dan Natal 2010 di Gereja Katedral, Jakarta Pusat adalah Belajar dari keluarga kudus Nasaret Menumbuhkankembangkan Kasih Dalam Keluarga.

JAKARTA - Perayaan Natal di Ibukota Jakarta berlangsung khidmat. Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Leopordo Girelli, membacakan pesan Natal kepada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News