PB NU Ingin Satukan Lagi Eksponen PKB

Kubu Lily Wahid Juga Gelar Pertemuan

PB NU Ingin Satukan Lagi Eksponen PKB
PB NU Ingin Satukan Lagi Eksponen PKB
JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) prihatin dengan kondisi Partai Kebangkitan Bangsa yang masih terpecah-pecah, hingga saat ini. Sebagai bidan kelahiran PKB pada 1998, organisasi massa Islam terbesar di Indonesia itu merasa terpanggil untuk ikut berusaha menyatukan lagi komponen-komponen parpol tersebut.

Sekjen PB NU Iqbal Sulam menyatakan, upaya menyatukan kelompok-kelompok tersebut gampang-gampang susah. "Ibarat anak kembar identik, meski punya banyak kesamaan, tapi perbedaannya juga banyak," ujar Iqbal, di Jakarta, kemarin (17/12).

Menurut dia, perbedaan itu lah yang selama ini justru dikedepankan sehingga proses islah sulit terealisasi secara menyeluruh. Masing-masing eksponen kukuh mempertahankan kepentingannya masing-masing. "Nah, sekarang harus mulai dibalik, kesamaanya yang harus terus digembar-gemborkan," lanjut Iqbal.

Misalnya, sebut dia, kelompok-kelompok yang ada selama ini selalu sama-sama merasa sebagai penerus pemikiran dan perjuangan Gus Dur. Keputusan terjun di dunia politik sama-sama karena dilandasi keinginan membumikan demokrasi dan pluralisme di Indonesia. "Kalau begini kan berarti semua sedulur (saudara, Red), masak sih masih tega," tambahnya.

JAKARTA - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PB NU) prihatin dengan kondisi Partai Kebangkitan Bangsa yang masih terpecah-pecah, hingga saat ini. Sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News