PBB Tekan Syria, Rusia Dukung Gencatan Senjata

Assad Ditenggat 7 Hari untuk Stop Kekerasan

PBB Tekan Syria, Rusia Dukung Gencatan Senjata
PBB Tekan Syria, Rusia Dukung Gencatan Senjata
DAMASKUS - Dewan Keamanan (DK) PBB akhirnya mengambil sikap tegas atas Syria. Kemarin (20/3), melalui pernyataan resminya, DK PBB mendesak Presiden Bashar al-Assad mau bekerja sama dengan Kofi Annan untuk mewujudkan perdamaian.

Dalam pernyataan tertulisnya, DK PBB juga mengancam rezim Assad dengan tindakan yang lebih tegas jika mereka gagal bekerja sama dengan Annan guna mengakhiri konflik di Syria. "Pemerintahan Assad dan oposisi bersenjata harus segera menerapkan rancangan damai Annan," terang DK PBB dalam pernyataan yang dirilis menjelang pertemuan lanjutan di Kota New York, Amerika Serikat (AS).

DK PBB memberikan waktu tujuh hari pada dua kubu yang berseteru di Syria untuk mengakhiri pertikaian. "DK PBB akan mengambil tindakan yang lebih tegas jika tidak ada perubahan sampai batas waktu itu berakhir," tegas organ paling berpengaruh di PBB tersebut. Draf resolusi yang disertai ancaman tersebut diprakarsai oleh Prancis dan diserahkan ke DK PBB pada Senin lalu (19/3).

Bersamaan dengan itu, kabar baik berembus dari Rusia. Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov akhirnya menyuarakan desakan senada dengan DK PBB terhadap Syria.

DAMASKUS - Dewan Keamanan (DK) PBB akhirnya mengambil sikap tegas atas Syria. Kemarin (20/3), melalui pernyataan resminya, DK PBB mendesak Presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News