PDIP Gelar Lomba Kreatif untuk Mengenang Bung Karno

PDIP Gelar Lomba Kreatif untuk Mengenang Bung Karno
Juni, Bulan Bung Karno. Foto: Antaranews

jpnn.com, JAKARTA - DPP PDI Perjuangan menggelar berbagai perlombaan untuk meramaikan peringatan Bulan Bung Karno. Hadiah yang disediakan di antaranta buku dan uang bernilai puluhan juta dengan memperlombakan vlog dan film dokumenter.

Ketua Panita Bulan Bung Karno, Djarot Saiful Hidayat mengatakan, bagi PDIP sejak 2010, Juni disebut sebagai Bulan Bung Karno karena pada kelahiran Pancasila pada 1 Juni, 6 Juni 1901 Bung Karno lahir, dan pada 21 Juni 1970 Bung Karno wafat.

Karena itu, untuk mengingat jasa Bung Karno, PDIP menggelar berbagai program serta lomba yang dikerjakan secara kreatif dan memperhitungkan faktor kekinian. Dengan agenda ini, diharapkan mengundang keterlibatan aktif kader partai dan masyarakat umum sekaligus untuk semakin menamamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Pelaksanaan lomba sejak 6-25 Juni 2020 dan pengumuman pemenangnya pada 30 Juni mendatang," jelas dia dalam keterangan yang diterima, Sabtu (6/6) malam.

Ketua DPP PDIP bidang ideologi ini menjelaskan lomba itu di antaranya nge-vlog tentang sejarah perjuangan Bung Karno. Durasi tiga menit dengan sejumlah tema. Disosialisakan di media sosial dan diberikan sejumlah hadiah bagi pemenang. Juara satu mendapatkan Rp 7,5 juta, juara dua Rp 5 juta, juara tiga Rp 4 juta, juara empat Rp 3 juta dan juara lima Rp 2 juta.

"Ada juga lomba nge-vlog di tempat bersejarah Bung Karno yang dibuat secara langsung, sambil memberikan narasi singkat, padat dan jelas tentang tempat bersejarah tersebut dan ditutup dengan harapan mengenai Indonesia pada 2045 mendatang. Durasinya tiga menit," kata Djarot.

Selanjutnya ada juga lomba video dokementer berdurasi 5-10 menit. Sejumlah tema yang telah ditentukan panitia. Memaparkan program atau karya yang telah lebih dari 3 bulan dirasakan dampaknya oleh masyarakat. Hadiahnya juara satu Rp 10 juta, juara dua Rp 8 juta, juara tiga Rp 6 juta, juara empat Rp 4 juta, dan juara lima Rp 2 juta.

Djarot menekankan, semua pemenang mendapat buku terkait Bung Karno yakni Dibawah Bendera Revolusi dan Penyambung Lidah Rakyat.

DPP PDI Perjuangan menggelar berbagai perlombaan untuk meramaikan peringatan Bulan Bung Karno

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News