PDIP Penentu Terbentuknya Poros di Pilpres 2024

PDIP Penentu Terbentuknya Poros di Pilpres 2024
Akademisi dari Universitas Andalas (Unand) Prof Asrinaldi memprediksi PDI Perjuangan jadi penentu terbentuknya poros di Pemilihan Presiden 2024. ANTARA/Dokumentasi Pribadi.

jpnn.com - JAKARTA - PDI Perjuangan diyakini menjadi penentu terbentuknya poros di Pemilihan Presiden 2024.

Menurut pakar politik dari Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat Asrinaldi, poros tersebut bergantung dari nama kandidat presiden yang akan didukung partai besutan Megawati Soekarnoputri.

"Jadi, poros presiden sekarang ini, di partai mana pun tergantung di PDIP semuanya," ujar Asrinaldi di Padang, Rabu (22/3).

Asrinaldi lantas mengemukakan alasan dari analisisnya tersebut.

Pertama, jika PDIP mengusung Puan Maharani maju pada Pilpres 2024, maka otomatis beberapa partai atau koalisi partai tertentu akan mencoba merangkul Ganjar Pranowo dan mendeklarasikannya.

Kemudian, setelah PDIP mendeklarasikan siapa nama kandidat yang akan bertarung pada Pemilu 2024, maka peta politik akan makin jelas, termasuk berapa pasang kandidat yang akan ikut dalam kontestasi politik lima tahunan tersebut.

Terkait pernyataan adik Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, Hashim Djojohadikusumo yang menyatakan tidak mungkin atau tidak ingin Prabowo Subianto menjadi kandidat wakil Ganjar Pranowo, Asrinaldi menyebut hal itu cukup beralasan.

Pasalnya, posisi Ganjar di tubuh PDIP tidak sekuat Prabowo yang merupakan Ketua Umum DPP Gerindra.

PDI Perjuangan diyakini menjadi partai penentu terbentuknya poros di Pemilihan Presiden 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News