PDS Usul Jumlah Fraksi Tiga Saja

PDS Usul Jumlah Fraksi Tiga Saja
PDS Usul Jumlah Fraksi Tiga Saja
JAKARTA - Undang-undang Pemilu yang teranyar belum disahkan, tapi Partai Damai Sejahtera (PDS) sudah mengeluarkan ancaman. Ketua Umum PDS, Denny Tewu menyatakan, pihaknya akan langsung mengajukan judisial review ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika nantinya dalam UU Pemilu ditetapkan ambang batas (parliamentary threshold/PT) lebih dari 2,5 persen.

Alasannya, semakin tinggi PT akan semakin banyak suara yang terbuang.  "Kalau parliamentary threshold di atas 2,5 persen, kami gugat ke MK," cetus Denny Tewu dalam seminar “RUU Pemilu VS 4 Pilar”, yang diselenggarakan PDS di Jakarta, Rabu (1/2).

Denny malah mengusulkan sebaiknya yang dibatasi itu jumlah fraksi di DPR. Idelnya, menurut dia, jumlah fraksi cukup tiga saja yakni fraksi pemerintah, non pemerintah dan independen. Fraksi independen ini merupakan fraksi yang selama ini sikapnya "abu-abu".

Menurutnya, terlalu banyak fraks hanya membuat masyarakat semakin bingung. Dia juga usul, untuk penentuan jumlah kursi DPR dalam satu daerah pemilihan (dapil) tidak hanya berdasarkan, tapi juga berdasarkan luas wilayah.

JAKARTA - Undang-undang Pemilu yang teranyar belum disahkan, tapi Partai Damai Sejahtera (PDS) sudah mengeluarkan ancaman. Ketua Umum PDS, Denny

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News