Senin, 10 Desember 2018 – 16:39 WIB

Pecinta Louhan Wajib Baca, Ini Caranya Ikan Tetap Cantik

Minggu, 09 Desember 2018 – 08:01 WIB
Pecinta Louhan Wajib Baca, Ini Caranya Ikan Tetap Cantik - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - Meski warna dan corak sisik ikut memengaruhi kecantikan ikan louhan, yang pertama diperhatikan tetap jenong alias jidat nongolnya. Ikan akan terlihat menarik jika proporsi benjolan di kepala dan ukuran tubuhnya seimbang.

"Yang penting, kepalanya tidak pesok dan proporsinya bagus," kata Yohanes Raharjo, ketua penyelenggara kontes ikan louhan di Pakuwon Trade Center kemarin. Sebanyak 140 ikan louhan dari berbagai wilayah di Jawa Timur mengikuti kontes tersebut.

Warna sisik juga dinilai. "Ikan louhan harus berwarna cerah. Sehingga mutiara yang ada di tubuhnya bisa memancar. Itu yang bikin cantik," jelas Yohanes. Sirip dan ekor louhan juga diperhatikan.

Menurut Yohannes, kecantikan ikan sangat dipengaruhi oleh cara pemeliharaan. Terutama kualitas air. Air yang bagus berkadar pH 7-8. Suhunya 27-28 derajat Celsius. "Jangan lupa setiap hari diganti airnya," ingatnya.

Salah satu peserta kontes louhan Farid Eko Setiawan mengatakan, merawat ikan agar memiliki jenong yang bagus itu dimulai sejak kecil. Louhan jangan dibiarkan sering stres. Sebab, jenong di kepalanya bisa kempis. Sakit juga bisa membuat ukuran kepala ikan mengecil. "Yang penting dirawat dengan hati," ujar peserta asal Jember itu.

Ikan harus diberi makan secara teratur. Jika pola makannya berubah, ikan akan sakit dan kecantikannya menurun. (omy/c6/any)

SHARES
TAGS   ikan louhan
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar