Senin, 17 Juni 2019 – 23:53 WIB

Pelaku Usaha Beber Dampak Negatif Kegaduhan Politik

Jumat, 24 Mei 2019 – 00:06 WIB
Pelaku Usaha Beber Dampak Negatif Kegaduhan Politik - JPNN.COM

jpnn.com, JAKARTA - Kegaduhan politik pascapemungumuman hasil Pemilu Serentak 2019 diharapkan tidak berlangsung lama. Sebab, hal tersebut dikhawatirkan dapat memengaruhi kepercayaan investor akan kondisi keamanan Indonesia.

Selain itu, dampak dari situasi yang tak kondusif dikhawatirkan menghambat traffic konsumsi dan produktivitas pebisnis di tengah peak season Lebaran.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Shinta Widjaja Kamdani menyebutkan, adanya gejolak politik yang memanas berpengaruh terhadap outlook ekonomi sepanjang 2019. Investor kembali wait and see untuk menanamkan dananya sehingga sektor riil kembali lemah.

”Risiko politik yang meningkat membuat persepsi investor menurun,” ujar Shinta seperti diberitakan Jawa Pos.

BACA JUGA: Ini Daftar Anggota Tim Hukum Jokowi – Ma’ruf Hadapi Gugatan Prabowo – Sandi

Selain itu, ada potensi pelaku industri untuk menahan produksi karena konsumen menahan belanja sehingga produknya tidak terjual optimal. ”Investor, khususnya asing, masih melakukan posisi hold atau menahan realisasi investasi langsung,” tambahnya.

Shinta menegaskan bahwa kondisi ekonomi saat ini saja cukup berat karena dihadapkan pada ketidakpastian global. ”Kami mengharapkan janganlah ini berkepanjangan,” katanya.

Ekonom Center of Reform on Economics (CORE) Piter Abdullah menuturkan, kerusuhan politik harus segera mereda. Supaya investor bisa kembali percaya untuk berinvestasi.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar