Pelihara Lahan Gambut, RI Minta Dibiayai Internasional

Pelihara Lahan Gambut, RI Minta Dibiayai Internasional
Pelihara Lahan Gambut, RI Minta Dibiayai Internasional
JAKARTA— Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, bahwa selama tahun 2010 ini, pemerintah menargetkan akan menanam satu miliar batang pohon sebagai langkah menekan efek gas rumah kaca. Selain penanaman pohon, juga akan dilakukan program pemeliharaan lahan gambut di berbagai provinsi di Indonesia. Untuk mendanai program itu, pemerintah telah menyebarkan proposal kepada dunia internasional.

Zulkifli menyebutkan bahwa pemerintah tidak memiliki dana yang besar untuk pemeliharaan lahan gambut tersebut. Saat ini, beber dia, Norwegia menjadi salah satu negara yang menyatakan minat membantu Indonesia.

"Kita sudah membahas soal rencana aksi menekan efek gas rumah kaca. Seperti agaimana aksi menanam 1 milliar pohon dalam tahun ini dan dimana saja. Karena anggarannya besar, kita segera lakukan pertemuan di Oslow-Norwegia mengenai perubahan iklim. Diperkirakan akan ada bantuan dana dari Norwegia. Saat ini kita sedang menyiapkan proposal-nya," kata Zulkifli pada wartawan, Selasa (4/5) usai rapat koordinasi di kantor Menko Ekonomi Jakarta.

Dalam proposal itu nantinya, pemerintah akan memasukkan tawaran pengelolaan sekitar 700.000 hektar lahan gambut di Provinsi Riau yang telah terbukti mampu menekan efek gas rumah kaca. Namun untuk pemeliharaan lahan gambut yang menjadi salah satu terbesar di dunia ini, pemerintah pusat mengakui tidak memiliki dana yang cukup.

JAKARTA— Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan, bahwa selama tahun 2010 ini, pemerintah menargetkan akan menanam satu miliar batang pohon

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News