Rabu, 14 November 2018 – 16:33 WIB

Pelni Bersinergi dengan Empat BUMN di Bidang Perkapalan

Kamis, 04 Oktober 2018 – 11:54 WIB
Pelni Bersinergi dengan Empat BUMN di Bidang Perkapalan - JPNN.COM

jpnn.com, SURABAYA - PT Pelni menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding / Mou) dengan empat BUMN yang bergerak di bidang perkapalan. Kerja sama perihal Home Doctor Service dalam perbaikan dan pemeliharaan kapal PT Pelni ini dilakukan di ajang International Business Development atau IBD Expo 2018 yang dihelat di Surabaya, Rabu (3/10).

Penandatanganan dilakukan antara PT Pelni dengan PT Dok Perkapalan Surabaya, PT PAL, PT Dok Koja Bahari, dan PT Industri Kapal Indonesia. Penandatangan dilakukan oleh masing-masing direktur utama, antara lain Insan Purwarisya L Tobing (PT Pelni), Bambang Soendjaswono (PT DPS), Budiman Saleh (PT PAL), R Wahyu Suparyono (PT DKB), dan Edy Widarto (PT IKI).

Direktur Utama PT Pelni Insan Purwarisya L Tobing mengatakan, kerja sama ini merupakan upaya untuk meningkatkan nilai tambah sesama BUMN untuk menghasilkan barang/jasa yang bermutu tinggi.

"PELNI sebenarnya memiliki galangan kapal sendiri di Surabaya, Galangan Surya, tetapi jumlah kapal Pelni terlalu banyak untuk ditangani satu galangan kapal. Untuk itu kami menggandeng empat BUMN yang seluruhnya bergerak di bidang engineering perkapalan. Dari kerja sama ini, kami berharap kapal-kapal PELNI dapat beroperasi dan melayani masyarakat dengan baik dan prima," ujar Insan dalam siaran tertulis yang diterima JPNN, Kamis (4/10).

International Business Development atau IBD Expo 2018 merupakan ajang tahunan dibawah arahan Kementerian BUMN dan diikuti oleh kurang lebih 119 perusahaan BUMN. Untuk tahun ini, IBD Expo 2018 mengangkat tema "Tak Henti Membangun Negeri" dan digelar di Convention Center Grand City, Surabaya, selama empat hari, dari tanggal 3-6 Oktober 2018. Seperti tahun sebelumnya, IBD Expo 2018 dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo didampingi oleh sejumlah menteri Kabinet Kerja.

PT PELNI sendiri berpartisipasi di IBD Expo 2018 dengan menghadirkan tema "Tol Laut Membangun Negeri dan Bisnis MICE On Board" yang berada di area Convention Hall Lantai 3 Booth C13.

PELNI sendiri saat ini mengoperasikan 26 kapal reguler yang menyinggahi lebih dari 90 pelabuhan dan 51 kapal perintis yang melayani wilayah terpencil dan memiliki keterbatasan akses transportasi. Di bidang logistik, PELNI ditugasi oleh Pemerintah untuk menjalankan 6 (lima) unit Kapal Tol Laut dengan spesifikasi angkutan kontainer dan 2 (dua) kapal ternak. (mg7/jpnn)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar