Pembahasan Rencana Penambahan Jam Belajar Deadlock

Akhirnya Mendikbud Disodori Sejumlah Alternatif

Pembahasan Rencana Penambahan Jam Belajar Deadlock
Pembahasan Rencana Penambahan Jam Belajar Deadlock
JAKARTA - Tim khusus revisi kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berjuang keras menuntaskan tugas mereka. Diantara pembahasan revisi kurikulum ini, tim menemui perdebatan yang alot soal penambahan jam belajar siswa di sekolah.

Sebagaimana pernah mencuat, Mendikbud Mohammad Nuh mengindikasikan akan memperpanjang jam belajar siswa di sekolah. Modelnya mengadopsi di sekolah yang menerapkan sistem full day. Siswa masuk sekolah pagi, lalu pulang ke rumah sore menjelang malam.

Upaya ini diambil untuk lebih menekankan pembelajaran karakter atau sikap kepada siswa didik. Pada jam-jam tertentu, pembelajaran karakter bisa dilakukan secara non formal di luar kelas. Memperpanjang jam siswa berada di sekolah ini sekaligus diambil untuk menekan potensi pecahnya tawuran pelajar.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Khairil Anwar Notodiputro di Jakarta kemarin (5/11) menuturkan jika rencana penambahan jam belajar ini belum paten. "Masih banyak pro kontra," ujar pejabat asal Bangkalan, Jawa Timur itu.

JAKARTA - Tim khusus revisi kurikulum Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berjuang keras menuntaskan tugas mereka. Diantara pembahasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News