Pembangunan IKN Perkuat Pemerataan dan Perekonomian Nasional

Pembangunan IKN Perkuat Pemerataan dan Perekonomian Nasional
Pemerintah mulai menyusun rencana pengembangan infrastruktur bagi penduduk di Ibu Kota Nusantara (IKN). Foto: Biro Setpres

jpnn.com, KALIMANTAN TIMUR - Direktur Eksekutif Lippo Group John Riady menilai pemindahan ibu kota negara selain membuka banyak peluang bisnis, juga akan menciptakan pemerataan dan memperkuat inklusivitas ekonomi nasional.

John menyebut pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membuka area-area dan menampung minat  investor.

Jokowi memberikan arahan agar area-area di IKN dibuka lagi untuk menampung minat para investor yang tidak tertampung di wilayah 1A.

Pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Nusantara di Kalimantan Timur, sebagai upaya menciptakan pemerataan pembangunan.

IKN Nusantara secara geografis berada di tengah-tengah negeri kepulauan ini, bisa bermakna kemauan kuat menciptakan keadilan bagi seluruh wilayah.

“Pemindahan ibu kota adalah inisiatif yang sangat penting, memastikan pembangunan berjalan merata, serta upaya mengikis ketimpangan sehingga pembangunan berjalan inklusif. Tentunya akan banyak tercipta peluang bisnis, termasuk adanya arahan dari Presiden Jokowi untuk menampung minat investasi,” kata John.

Respon positif atas pemindahan ibu kota negara dengan pembangunan di IKN Nusantara sebelumnya juga disampaikan John saat dirinya menjadi salah satu pembicara pada ajang Nikkei Global Management Forum di Tokyo, Jepang, beberapa waktu lalu.

Menurut John, selain memiliki geografis yang strategis bagi Indonesia, wilayah Kalimantan dilingkupi berbagai sektor strategis untuk perekonomian nasional.

Posisi strategis Lippo Group bisa mengambil peran lebih besar bagi pengembangan IKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News