Pembangunan Papua Disebut Mulai Selaras dengan Daerah Lain

Pembangunan Papua Disebut Mulai Selaras dengan Daerah Lain
Stadion Lukas Enembe yang dipilih menjadi lokasi pembukaan dan penutupan PON XX Papua 2021. Foto: Kemenparekraf

jpnn.com, JAKARTA - Sebagai ajang perlombaan, Presiden Joko Widodo mengaku bangga karena PON untuk kali pertama digelar di tanah Papua.

PON menjadi ajang untuk menjalin kebersamaan satu sama lain, panggung kebersamaan, panggung persatuan, dan panggung persaudaraan.

Ajang ini juga memberikan semangat kebangsaan, rasa nasionalisme kepada seluruh warga Papua bahwa mereka adalah bagian dari warga Indonesia.

Hal ini diamini tokoh pemuda Papua, Gazali Renngiwur, bahwa keberhasilan pelaksanann PON di Papua melahirkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat Papua.

Apalagi Stadion Lukas Enembe telah menjadi salah satu stadion terbesar di Asia.Karenanya, rasa nasionalisme di Papua harus selalu dipupuk dengan pendekatan kesejahteraan serta menghilangkan rasa rasialisme.

Sejak bergabung kembali atau lepas dari cengkeraman pemerintahan Belanda, orang Papua secara historis, kultural dan politik terus memupuk rasa kebangsaan Indonesia tersebut.

Hal ini karena kebijakan pemerintah RI terhadap status Papua di tinjau dari Hukum Internasional  sudah final yaitu, Papua merupakan bagian dari wilayah NKRI. 

Salah satu prinsip dasar yang terdapat dalam hukum internasional telah melatar belakangi jauh sebelum Papera 1969, papua sudah menjadi bagian yang sah dari NKRI adalah, Azas Uti Posedetis juris.

Keberhasilan pelaksanann ajang PON melahirkan rasa nasionalisme di kalangan masyarakat Papua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News