JPNN.com

Pembibitan KTH Sumber Makmur Bukti Keberhasilan KBR

Kamis, 12 September 2019 – 22:08 WIB Pembibitan KTH Sumber Makmur Bukti Keberhasilan KBR - JPNN.com
Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Brantas Sampean Agustinus Kunto Hirsilo bersama anggota KTH Sumber Makmur di Lumajang. Foto: KLHK

jpnn.com, LUMAJANG - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Direktorat Perbenihan Tanaman Hutan (PTH) telah melakukan program Kebun Bibit Rakyat (KBR) di Desa Sumberjati, Tempeh, Lumajang, Jawa Timur.

Kegiatan ini berlangsung pada 2010 dan 2014 dengan sasaran kelompok tani hutan (KTH) Sumber Makmur di desa tersebut.

Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung (BPDAS-HL) Brantas Sampean Agustinus Kunto Hirsilo mengatakan, KTH Sumber Makmur kini telah maju setelah mendapat bantuan KBR.

“Dengan bantuan KBR Rp 50 juta, KTH bisa menggunakan untuk membuat bibit dan sarana prasarana pembibitan,” ujar Kunto kepada wartawan di Lumajang, Kamis (12/9).

Bahkan, pada 2014, KTH Sumber Makmur bisa meraih juara dua nasional untuk kelompok pelaksana KBR terbaik.

Kunto menambahkan, KTH Sumber Makmur kini telah menjalin kerja sama dengan perusahaan PT Mustika Buana Sejahtera untuk mendapat CSR sejak 2016 sampai saat ini.

Kerja sama berupa pembuatan bibit sengon yang nantinya dibagikan kepada masyarakat desa secara gratis.

Ali Afianda, Ketua KTH Sumber Makmur, menambahkan pada 2016 memperoleh CSR untuk membuat bibit sengon sebanyak 100.000 batang.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...