Pemekaran Kurangi Jatah DAU Daerah Lain

Pemekaran Kurangi Jatah DAU Daerah Lain
Pemekaran Kurangi Jatah DAU Daerah Lain
JAKARTA — Tidak seutuhnya pemekaran daerah bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat di daerah. Semakin banyaknya daerah pemekaran, justru berpengaruh pada jatah Dana Alokasi Umum (DAU) untuk daerah otonom se Indonesia merasakan pengaruhnya.

Dirjen Perimbangan Keuangan, Mardiasmo menjelaskan, berdasarkan ketentuan bagi hasil maka pembagian DAU daerah pemekaran berubah dari perhitungan secara proporsional menjadi secara mandiri. "26 daerah pemekaran tahun 2007 dan 2008 lalu, pada tahun pertama memang tidak memberi dampak karena masih mengambil dari pembagian daerah induk. Namun pada tahun berikutnya mereka akan mendapatkan jatah DAU secara mandiri yang sama besar dengan jatah DAU daerah lainnya," ujar Mardiasmo kepada wartawan di Jakarta, Selasa (23/2)

Menurutnya, tanpa disadari 26 daerah pemekaran baru berdampak fiskal terhadap penerimaan DAU se Indonesia. Dipaparkannya, jika melihat perhitungan pembagian memang bisa merugikan daerah induk.

Karenanya, sambung guru besar Ilmu Ekonomi  di Universitas Gadjah Mada itu, pemerintah saat ini tengah mengkaji rencana untuk merevisi Undang-Undang tentang perimbangan keuangan.

JAKARTA — Tidak seutuhnya pemekaran daerah bisa berdampak pada kesejahteraan masyarakat di daerah. Semakin banyaknya daerah pemekaran, justru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News