Pemerintah Belum Pulangkan WNI Eks Sandera dari Filipina

Pemerintah Belum Pulangkan WNI Eks Sandera dari Filipina
Kelompok Abu Sayyaf. Foto: dok. AFP

jpnn.com - JAKARTA—Pemerintah saat ini belum memulangkan dua WNI Ismail dan Sofyan yang telah dibebaskan dari penyanderaan Abu Sayyaf ke Indonesia. Saat ini dua WNI itu masih berada di Filipina.

Menurut Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Lalu Muhammad Iqbal, pemulangan keduanya ke tanah air belum menjadi prioritas. Sebab, ada trauma yang harus disembuhkan. Otoritas terkait juga perlu mendapat informasi dari para mantan sandera

"Saat ini penulangan belum menjadi prioritas. Prioritasnya adalah pemulihan trauma dan menggali info sebanyak mungkin dari keduanya untuk kepentingan sandera lainnya," ujar Iqbal, Minggu (21/8).

Iqbal mengaku Kemenlu juga terus berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait hal ini. Terutama berkomunikasi langsung dengan keluarga para mantan sandera. Menurutnya, sejauh ini pihak keluarga tak keberatan dengan penundaan kepulangan kerabat mereka di Filipina. 

 "Sejauh ini keluarga bisa memahami," imbuhnya.

Untuk diketahui, kedua sandera, Ismail dan Sofyan berhasil meloloskan diri usai baku tembak antara angkatan bersenjata Filipina dan kelompok Abu Sayyaf belum lama ini.

Sementara itu, pemerintah memperkirakan lokasi para WNI yang disandera kelompok bersenjata Abu Sayyaf berada di Kepulauan Sulu, Filipina. (flo/jpnn)


JAKARTA—Pemerintah saat ini belum memulangkan dua WNI Ismail dan Sofyan yang telah dibebaskan dari penyanderaan Abu Sayyaf ke Indonesia. Saat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News