Pemerintah Bidik 1000 Mahasiswa Luar Negeri

Sebagai Peserta Darmasiswa 2012

Pemerintah Bidik 1000 Mahasiswa Luar Negeri
Pemerintah Bidik 1000 Mahasiswa Luar Negeri
JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) menargetkan jumlah mahasiswa asing yang mengikuti program Darmasiswa pada tahun 2012 mendatang bisa mencapai 1000 orang. Sekretaris Jenderal Kemdiknas, Ainun Naim mengatakan, target itu sebagai respon atas permintaan para duta besar negara-negara yang ikut dalam program Darmasiswa RI.

"<emang ada permintaan dari Dubes agar kuotanya ditingkatkan. Di tahun 2012 nanti, juga akan ada dibuka jurusan sosial dan kredit transfer. Kuota ini tentunya akan disesuaikan dengan budget pemerintah. Mudah-mudahan kuota Darmasiswa tahun depan bisa mencapai 1000 orang," ujar Ainun di Jakarta, Minggu (25/9).

Dipaparkannya, kegiatan Darmasiswa RI tahun ini diikuti oleh 73 negara yang terdiri dari 750 orang mahasiswa. Ainun menyebut angka tersebut naik cukup signifikan apabila dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang hanya diikuti oleh  65 negara dengan 623 orang mahasiswa.

Melalui Darmasiswa, pemerintah Indonesia memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing sebesar Rp 2,5 juta per bulan per orang. "Selain itu, perguruan tinggi juga diberikan subsidi oleh pemerintah untuk biaya SPP," jelasnya.

JAKARTA - Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) menargetkan jumlah mahasiswa asing yang mengikuti program Darmasiswa pada tahun 2012 mendatang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News