Pemerintah China Bagi-bagi Beasiswa

Untuk Dosen dan Mahasiswa

Pemerintah China Bagi-bagi Beasiswa
Pemerintah China Bagi-bagi Beasiswa
JAKARTA — Pemerintah China akan memberikan 100 ribu beasiswa kepada para mahasiswa dan dosen yang berasal dari negara-negara di kawasan ASEAN. Program beasiswa ini merupakan salah satu hasil agenda First Cina and ASEAN Ministerial Round Table Meeting pada 2-5 Juli 2010 di Cina.

Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas), Senin (9/8), menyatakan, beasiswa dari China itu akan diberikan ke 10 negara. Indonesia, katanya, mendapatkan jatah 10 ribu beasiswa. "Beasiswa diberikan selama sepuluh tahun. Total ada 100.000 beasiswa," kata Mohammad Nuh.

Lebih lanjut dijelaskan, pada pertemuan menteri-menteri pendidikan ASEAN dengan Menteri Pendidikan Republik Rakyat Tiongkok (RRT) di forum ASEAN Ministerial Round Table Meeting beberapa waktu lalu, Indonesia juga menyepakati kerja sama dengan RRT. Pemerintah kedua negara, kata M Nuh, sepakat membentuk joint working group untuk merinci seluruh aktivitas yang terkait dengan dunia pendidikan dan kebudayaan.

"Indonesia juga menawarkan beasiswa Darmasiswa kepada dosen-dosen bahasa Indonesia di Cina untuk mengambil S2 dan S3 di Indonesia," ujarnya.

JAKARTA — Pemerintah China akan memberikan 100 ribu beasiswa kepada para mahasiswa dan dosen yang berasal dari negara-negara di kawasan ASEAN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News