Pemerintah Diharapkan Bangun Lapas Baru demi Cegah Tragedi di Tangerang Terulang

Pemerintah Diharapkan Bangun Lapas Baru demi Cegah Tragedi di Tangerang Terulang
Wakil Ketua Komisi A DPRD DKI William Yani. Foto: M Adil/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif  Jaringan keadilan dan kebijakan publik, William Yani berharap pemerintah menjadikan pembelajaran tragedi terbakarnya Lapas Tangerang agar tidak terulang kembali di Lapas lainnya. Apalagi dari informasi yang diadapt, banyak Lapas yang mengalami over kapasitas dan minim pemugaran.

"Segera anggarkan dan bangun lapas baru," ujar dia di Jakarta, Senin (13/9).

Selain itu, lanjut Willi, pemerintah juga harus membuat alternatif hukuman seperti kerja sosial, tahanan rumah, atau denda yang cukup besar untuk mengurangi over kapasitas.

"Korban narkoba  bukan bandar, sebaiknya di rehebilitasi," tambah dia.

Sementara itu, Kepala Divisi Keselamatan Gedung dan K3 Konstruksi Jaringan Keadilan dan Kebijakan Publik Subkhan mengatakan kejadian ini harus dijadikan sebagai pembelajaran berharga oleh sejumlah pihak. Sebab, jangan sampai peristiwa serupa terulang di tempat lain.

"Kejadian ini yang tidak kalah penting adalah dijadikan sebagai pembelajaran berharga untuk tidak terulangnya kejadian yang sama ditempat lain sekarang atau nanti," kata Subkhan di Jakarta, Senin (13/9).

Ia meminta pemerintah untuk segera memperhatikan seluruh Lapas di Indonesia, sehingga bisa mencegah kebakaran. Salah satu caranya dengan meremajakan instalasi listrik. Misalnya dengan hierarki eliminasi, yaitu menghilangkan risiko kebakaran melalui permajaan instalasi listrik full insulation dengan dilengkapi proteksi kebakaran aktif dan pasif.

Menurut dia, seluruh kawasan di Lapas harus terhindar dari segala jenis bahan yang mudah terbakar. Penghuni lapas dilarang melakukan penapian dan dibuat pengaturan smoking area. Apabila sulit dilakukan, maka bisa ke hierarki berikutnya yaitu substitusi yaitu mengganti item plafon dan utilitas hunian lapas dengan bahan isulator atau tahan api.

Peristiwa kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Tangerang, beberapa waktu lalu, menyisakan duka mendalam bagi masyarakat indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News