Pemerintah Indonesia Sampaikan Belasungkawa untuk Nepal

Pemerintah Indonesia Sampaikan Belasungkawa untuk Nepal
Seorang pria membantu pendaki perempuan yang terluka di base camp Gunung Everest, Minggu (26/4). Foto: Azim Afif via APF

jpnn.com - MALAYSIA - Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno LP. Marsudi menyampaikan belasungkawa atas musibah gempa bumi berkekuatan 7,9 skala richter di Nepal.

Peristiwa bencana itu menelan korban hampir 2 ribu orang. Ini disampaikan Menlu Retno di sela-sela mendampingi Presiden Joko Widodo di KTT ASEAN,  Malaysia, Minggu (26/4) malam.

"Kami menyampaikan dukacita sedalam-dalamnya untuk gempa Nepal. Saya sudah sampaikan juga pada ketua ASEAN agar menyampaikan simpati dan dukacita kita pada pemerintah dan rakyat Nepal," kata Menlu Retno.

Menurut Retno, jajaran pimpinan dari ASEAN juga akan menyampaikan pernyataan secara khusus masalah gempa bumi di Nepal. Sementara terkait keberadaan WNI di Nepal, Retno mengaku pemerintah masih terus berupaya melakukan pencarian.

Menurut Retno, dari data yang diterimanya Minggu malam, tercatat 18 WNI menetap di Nepal dan sekitar 16 WNI sedang melakukan kunjungan baik sebagai turis maupun kegiatan resmi, sehingga total WNI ada 34 orang. Dari jumlah tersebut sekitar 17 orang telah berhasil dihubungi dan dalam keadaan baik.

"Situasi yang saat ini terjadi di Nepal menyebabkan kelancaran jaringan komunikasi tidak stabil dan sulit untuk melakukan kontak," tandas Menlu Retno.(flo/jpnn)


MALAYSIA - Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Retno LP. Marsudi menyampaikan belasungkawa atas musibah gempa bumi berkekuatan 7,9 skala


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News