Pemerintah Masih Melakukan Studi Varian AY.4.2, Masyarakat Harap Tenang

Pemerintah Masih Melakukan Studi Varian AY.4.2, Masyarakat Harap Tenang
Wiku Adisasmito. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah meminta masyarakat tidak panik menyikapi varian baru Covid-19 bernama AY.4.2 yang penularannya kini terjadi di beberapa negara Asia.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut penelitian terhadap varian AY.4.2 masih berlangsung.

Menurutnya, jenis itu bukan varian baru Covid-19. Hasil penelitian sementara menyatakan AY.4.2 hasil mutasi varian Delta.

Guru besar Fakultas Kesehatan Universitas Indonesia (FKUI) itu mengatakan mutasi Delta cukup beragam dari AY.1 hingga AY.28.

"Studi terkait hal tersebut masih berlangsung," kata Wiku dalam keterangan pers Perkembangan Penanganan Covid-19 yang disiarkan kanal Sekretariat Presiden di YouTube, Jumat (29/10).

Menurutnya, saat ini belum bisa diambil kesimpulan tentang karakteristik khusus yang dimiliki varian AY.4.2.

"Oleh karena itu, kami belum bisa mengetahui apakah berbagai jenis varian Delta ini memiliki karakteristik khusus yang dapat mempengaruhi laju penularan, keparahan gejala, maupun vaksinasi," ujar Wiku.

Pemerintah, kata dia, memaksimalkan pelaksanaan strategi yang sudah ditetapkan yaitu karantina perjalanan, 3M, 3T, dan vaksin.

Pemerintah meminta masyarakat tidak panik menyikapi varian baru Covid-19 yang dinamakan AY.4.2 yang penularannya terjadi di beberapa negara Asia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News