Pemerintah Pastikan Pasokan Cukup, Vaksinasi Ibu Hamil dan Anak-anak Digenjot

Pemerintah Pastikan Pasokan Cukup, Vaksinasi Ibu Hamil dan Anak-anak Digenjot
Menko PMK Muhadjir Effendy menargetkan vaksinasi untuk ibu hamil, menyusui anak-anak dipercepat karena pasokan vaksin cukup. Foto: Arry Saputra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah kasus ibu hamil terkonfirmasi Covid-19 terus meningkat. Berdasar data klaim biaya covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menunjukkan, ibu hamil positif Covid-19 mencapai 35.099.

Sedangkan bayi baru lahir usia 0-12 bulan yang terkena Covid-19 sebanyak 24.591.

"Kasusnya makin banyak. Pemerintah akan mempercepat program vaksinasi ibu hamil, balita, dan anak-anak," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy di Jakarta, Jumat (25/6).

Hal itu menurut Menko Muhadjir sebagai upaya mencegah penularan sekaligus menekan laju peningkatan kasus terkonfirmasi dan meninggal akibat Covid-19.

Dia mengatakan percepatan vaksinasi sangat diperlukan. Namun, untuk pengadaan vaksin, sebaiknya difokuskan pada produksi vaksin nasional.

"Bagaimana diupayakan vaksin produksi nasional ini betul-betul bisa segera sehingga kita tidak tergantung pada pasar internasional," ujarnya.

Muhadjir menjelaskan ketidakpastian situasi pasar vaksin dunia saat ini cukup tinggi. Sementara kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan signifikan dengan hadirnya varian-varian baru yang konon lebih mudah menularkan. 

Dia menyatakan tidak perlu membesar-besarkan merek vaksin mana yang harus digunakan. Menurutnya, lebih baik mempertimbangkan yang lebih cepat dan maju perkembangannya.

Menko PMK Muhadjir menargetkan vaksinasi untuk ibu hamil, menyusui anak-anak dipercepat karena pasokan vaksin cukup

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News