Pemerintah Punya Rencana, Bisa Jadi Kabar Baik untuk Pekebun Sawit

Pemerintah Punya Rencana, Bisa Jadi Kabar Baik untuk Pekebun Sawit
Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Belanda bakal melakuka penguatan kerja sama pada sektor kelapa sawit. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Belanda bakal melakuka penguatan kerja sama pada sektor kelapa sawit.

Deputi Bidang Koordinasi Pangan dan Agribisnis Kemenko Perekonomian Musdhalifah Machmud menyatakan pemerintah berencana meningkatkan kesejahteraan para pekebun rakyat kelapa sawit.

Pekebun akan dibina untuk melakukan adaptasi dan mitigasi yang diakibatkan oleh perubahan iklim.

Peningakatan kesepakatan itu sudah ditandatangani melalui MoU on Sustainable Palm Oil Production Cooperation ditandatangani di New York, Amerika Serikat, pada 26 September 2019.

Saat in telah MoU juga sudah ditindaklanjuti dengan technical arrangement dan pembentukan Bilateral Economic Commission sebagai wadah dialog bagi kedua negara.

“Platform dialog antar kedua negara ini dapat membuktikan kepada dunia internasional bahwa kerja sama antara negara konsumen dan negara produsen kelapa sawit dapat terjalin dengan baik,” ujar Musdhalifah Machmud dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (9/11).

Menurut dia, kerja sama tersebut terjalin untuk mendukung pembangunan ekonomi di daerah pedesaan.

Adapun sasarannya masyarakat yang mencari mata pencarian melalui perkebunan sawit mampu terjamin peningkatan keberlanjutan komoditas pertaniannya, termasuk kelapa sawit.

Pemerintah Indonesia dan Kerajaan Belanda bakal melakuka penguatan kerja sama pada sektor kelapa sawit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News