Pemerintah Pusat Kucurkan Rp 15 M

Pemerintah Pusat Kucurkan Rp 15 M
Pemerintah Pusat Kucurkan Rp 15 M
JAKARTA --Pemerintah pusat menyiapkan dana Rp 15 miliar untuk mengatasi kondisi tanggap darurat bencana letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Dana tersebut untuk mencukupi kebutuhan mendesak pengungsi selama 10 hari.

Menko Kesra Agung Laksono mengatakan, bantuan pemerintah pusat tersebut dikucurkan melalui anggaran Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Dana tersebut untuk mencukupi kebutuhan makanan pengungsi dan aparat petugas di pengungsian pasca meletusnya Gunung Sinabung.

"Diharapkan pengungsi nyaman di tempat pengungsian yang keadaannya tidak sama dengan di rumah," kata Agung Laksono di Kantor Presiden, Jakarta, kemarin (30/8).

Agung mengatakan, saat ini jumlah pengungsi mencapai 30 ribu orang. Mereka belum boleh kembali ke permukiman sebelum asap tebal akibat meletusnya gunung berapi itu berkurang. Untuk permukiman dalam radius 70 km belum boleh kembali terlebih dahulu.

"Waktu saya datang semalam (kemarin malam, Red) baru sekitar 13 ribu. Tapi, terus bertambah hingga 21 ribu," katanya. Dia menambahkan, bila pengungsi bertambah, sekolah-sekolah  akan diliburkan sementara. "Pengungsi akan tinggal di sekolah itu supaya nyaman," katanya. (sof/ari)

JAKARTA --Pemerintah pusat menyiapkan dana Rp 15 miliar untuk mengatasi kondisi tanggap darurat bencana letusan Gunung Sinabung, Kabupaten Karo,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News