Pemerintah Segera Cairkan DBH

Pemerintah Segera Cairkan DBH
Pemerintah Segera Cairkan DBH
JAKARTA—Kabar gembira bagi daerah penghasil Migas. Dalam bulan Februari ini, Pemerintah pusat akan melakukan pencicilan hutang Dana Bagi Hasil (DBH) sebesar Rp 2 Triliun. Bukan hanya itu, melalui Kementrian Keuangan juga akan mencairkan kekurangan DBH atau rekonsiliasi sebesar 20 persen dari hutang DBH tahun 2009.

Dirjen perimbangan Kementrian Keuangan, Mardiasmo pada wartawan, Kamis (4/2) mengatakan bahwa pencairan hutang DBH tersebut akan segera ditransfer ke daerah.

‘’Bulan ini kita akan bayar cicilan Rp 2 triliun plus kekurangan pencairan DBH 20 persen pada tahun 2009 lalu. Jumlah ini untuk seluruh daerah penghasil Migas dan tidak ada prioritas meski Provinsi Riau dan Provinsi Kalimantan Timur pemegang terbesar tanggungan hutang DBH. Bukan hanya itu, nanti di bulan Maret, kita akan melakukan pencairan DBH triwulan pertama 2010 sebesar 20 persen,’’ kata Mardiasmo.

Selanjutnya kata Mardiasmo, kekurangan hutang DBH pusat pada daerah selanjutnya akan di masukkan ke dalam APBN-P 2010.’’Sesuai Undang-undang, kita bisa menganggarkan pembayaran hutang DBH sebesar Rp 1 triliun. Itu juga akan dibayarkan dalam tahun ini juga,’’katanya.

JAKARTA—Kabar gembira bagi daerah penghasil Migas. Dalam bulan Februari ini, Pemerintah pusat akan melakukan pencicilan hutang Dana Bagi Hasil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News