Pemerintah Siapkan Lahan 500 Hektar untuk Olimpiade 2036 di IKN Nusantara

Pemerintah Siapkan Lahan 500 Hektar untuk Olimpiade 2036 di IKN Nusantara
Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari. Foto: Muhammad Naufal/JPNN.com

jpnn.com - Indonesia optimistis menjadi tuan rumah Olimpiade di IKN Nusantara pada 2036 mendatang.

Ketua NOC Indonesia Raja Sapta Oktohari menyebut IKN memiliki peluang meski penyelenggaraan sebelumnya diadakan di Brisbane, Australia.

Maklum, pada awalnya banyak pihak meragukan rencana tersebut mengingat tuan rumah Olimpiade 2034 berada di wilayah Asia-Oceania. Biasanya, tuan rumah Olimpiade akan berpindah ke luar kawasan sebelumnya.

"Dalam pencalonan tuan rumah Olimpiade nantinya tidak lagi melakukan pendekatan beauty contest seperti dulu. Saat ini dengan pendekatan dialog."

"Bisa dipastikan Indonesia dan Australia berbeda kawasan. Apabila nantinya ada jatah regional, Indonesia bisa mencalonkan diri," ungkap Okto saat ditemui di kawasan Senayan, Jumat (18/11/2022).

Okto sendiri saat ini tengah berkoordinasi dengan beberapa pihak mulai dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) untuk mempersiapkan diri bersaing bersama negara-negara, seperti Mesir, Inggris, Qatar, hingga Turki yang berminat untuk bidding Olimpiade.

Meski belum ada infrastruktur olahraga yang dibangun di IKN Nusantara, pihak NOC telah membuat beberapa konsep untuk menyambut pesta akbar olahraga dunia tersebut.

"Pemerintah sudah menyiapkan sekitar 500 ribu hektar untuk membangun infrastruktur menyambut Olimpiade. Saya rasa hal itu cukup untuk menyakinkan IOC."

Indonesia optimis menjadi tuan rumah Olimpiade di IKN Nusantara pada 2036 mendatang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News