Pemerintah Tetapkan Hari Ini Awal Puasa

Hilal Terlihat di Empat Tempat

Pemerintah Tetapkan Hari Ini Awal Puasa
Pemerintah Tetapkan Hari Ini Awal Puasa
JAKARTA - Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1431 H sekaligus awal bulan puasa jatuh pada hari ini (11/8). Keputusan itu diambil dalam sidang itsbat (penetapan awal Ramadan) di kantor Kementerian Agama (Kemenag), dengan mempertimbangkan pengamatan hilal di beberapa titik di tanah air. Pengamatan hilal atau rukyatul hilal telah dilakukan di sepuluh kota. Yakni, Biak, Makassar, NTB, NTT, Gresik, Tenggarong, Bandung, Riau, Lhok Nga Aceh, Riau, Jogyakarta, dan Bandung.

"Penetapan ini dilakukan setelah hilal terlihat di empat tempat," ujar Menteri Agama Suryadharma Ali ketika memimpin sedan Itsbat di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, kemarin (10/8).

Direktur Pembinaan Islam dan Urusan Syariah Kementerian Agama (Kemenag) yang juga Ketua Badan Hisab Rukyat (BHR) Dr Rohadi Abdul Fatah memperkuat penetapan itu. Dia mengatakan, dari pengamatan resmi Kemenag di 10 titik di Indonesia, hilal terlihat di empat tempat. Keempat tempat itu adalah" Probolinggo, Gresik, Cilincing Jakarta Utara, dan Bengkulu. "Para saksi yang telah melihat adanya hilal itu sudah melalui sumpah," ujar dia menguatkan.

Sidang penetapan awal Ramadhan yang dipimpin Menteri Agama Suryadharma Ali itu juga dihadiri Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Makruf Amin, Dirjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Wahyu Widiana, Sekjen Kemenag Bahrul Hayat, Dirjen Bimas Islam Nasaruddin Umar, pimpinan ormas-ormas Islam, perwakilan negara sahabat, dan anggota Badan Hisab dan Rukyat Kemenag.

JAKARTA - Pemerintah menetapkan awal Ramadan 1431 H sekaligus awal bulan puasa jatuh pada hari ini (11/8). Keputusan itu diambil dalam sidang itsbat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News