Proyek Double-double Track

Pemilik Proyek Harus Fokus Perhatikan Keselamatan

Pemilik Proyek Harus Fokus Perhatikan Keselamatan
Peninjauan terhadap aspek keselamatan dan kesehatan kerja para pekerja PT MRT di Jakarta. Foto: Humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Peristiwa robohnya crane proyekDouble-double Track di pinggir rel kereta api, Jalan Permata, RT 14/RW 7, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (4/2), menyebabkan empat pekerja meninggal dunia.

Anggota Komisi V DPR Syarif Abdullah Alkadrie mengatakan Komite Keselamatan Konstrusi (K3) harus bekerja lebih efektif melakukan pengawasan.

Menurut dia, pembentukan K3 oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) itu, sebenarnya sudah bagus untuk menjalankan amanat Undang-undang Konstruksi.

Karena itu, Abdullah meminta Komite K3 bekerja lebih efektif dan terencana melakukan pengawasan. Menurut dia, K3 nanti bisa masuk ke dalam untuk melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pekerjaan konstruksi tersebut.

“Supaya hal seperti ini tidak terjadi dan paling tidak bisa dieliminir,” kata Abdullah menjawab JPNN, Minggu (4/2).

Sekretaris Fraksi Partai Nasdem di DPR ini mengatakan, peristiwa seperti ini selalu berulang. Misalnya, beberapa waktu lalu beberapa karyawan dan mahasiwa tertimpa balkon Bursa Efek Indonesia (BEI) yang runtuh.

“Jadi harus diperhatikan berapa volume pekerjaannya, kekuatannya. Kami selalu ingatkan jangan sampai persoalan ini seperti ini terjadi,” ungkapnya.

Karena itu, dia mengatakan, masalah seperti ini harusnya diawasi lebih ketat. Menurutnya, kalau pengawasan ketat, kemudian perencanaan pekerjaan baik, maka peristiwa seperti itu tidak akan terjadi. Setidaknya kecelakaan bisa diminimalisir.

Masalah seperti ini harusnya diawasi lebih ketat. Menurutnya, kalau pengawasan ketat, kemudian perencanaan pekerjaan baik, maka hal itu tidak akan terjadi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News