Peminat FKIP Tinggi, Sarana Belum Siap

Peminat FKIP Tinggi, Sarana Belum Siap
Peminat FKIP Tinggi, Sarana Belum Siap
BANJARMASIN - Beberapa tahun belakangan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) menjadi favorit mahasiswa baru di beberapa universitas di Indonesia. Booming-nya FKIP juga terjadi di universitas kebanggaan masyarakat Kalsel, Universitas Lambung Mangkurat (Unlam). Bahkan, saat ini tercatat hampir 40 persen mahasiswa yang masih aktif adalah mahasiswa asal fakultas yang mencetak tenaga guru tersebut. 

Dekan FKIP Unlam Banjarmasin Drs Ahmad Sofyan MA menyatakan bahwa fakta tersebut adalah tantangan yang dihadapi FKIP Unlam ke depan. “Dalam beberapa tahun ini FKIP memang jadi favorit, tidak hanya di Unlam saja tetapi juga di daerah lain di Indonesia, tapi ini berarti juga tantangan buat FKIP,” kata Ahmad saat ditemui Radar Banjarmasin (Grup JPNN) usai Pembukaan Pertemuan Sela Nasional (PSN) Forum Komunikasi Dekan FKIP Indonesia di Hotel Arum Banjarmasin, kemarin.

Diterangkan Ahmad, satu sisi hal ini merupakan sebuah kemajuan, terutama dalam hal menyiapkan tenaga guru di Indonesia termasuk di Kalsel yang jumlahnya belum ideal. Namun, di sisi lain banyaknya peminat FKIP akan membuat kampus kelabakan, pasalnya perlu sarana dan prasarana penunjang pendidikan yang memadai.

“Kita tidak mau kalau menerima mahasiswa tapi sarana dan prasarana untuk mereka belajar belum disediakan dengan baik. Sekarang seperti fasilitas laboratorium juga belum terlalu lengkap,” terangnya.

BANJARMASIN - Beberapa tahun belakangan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Kependidikan (FKIP) menjadi favorit mahasiswa baru di beberapa universitas di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News