Pemkab Lebak Butuh Formasi PPPK Penyuluh Peternakan

Pemkab Lebak Butuh Formasi PPPK Penyuluh Peternakan
Masyarakat Kabupaten Lebak mengembangkan usia peternakan masih dilepaliarkan untuk mendapatkan pakan rerumputan hijau akibat kekurangan tenaga penyuluh peternakan. ANTARA/Mansur

jpnn.com, LEBAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, Banten membutuhkan formasi PPPK maupun PNS untuk penyuluh peternakan.

"Kami minta pemerintah pusat dapat menambah tenaga penyuluh peternakan," kata Kepala Bidang Kelembagaan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Lebak Rian di Lebak, Rabu (1/2).

Dia menyebut di Lebak saat ini hanya memiliki lima penyuluh peternakan berstatus ASN.

Dengan jumlah itu, satu penyuluh terpaksa harus menangani 10 sampai 15 desa/kelurahan yang totalnya 345 di 28 kecamatan.

Menurut Rian, kekurangan tenaga penyuluh peternakan itu berdampak terhadap usaha budidaya ternak milik masyarakat.

Saat ini jumlah populasi kerbau di Lebak sebanyak 13 ribu ekor lebih, sapi 3.000 ekor, domba 62.107 ekor, kambing 36.217 ekor dan unggas tiga juta ekor.

Oleh karena itu, Pemkab Lebak berharap pemerintah pusat bisa menambah tenaga penyuluh peternakan guna mendukung swasembada daging dan peningkatan ekonomi masyarakat.

"Kami berharap pemerintah pusat dapat merevitalisasi tenaga penyuluh peternakan itu satu desa ditangani satu petugas," ucap Rian.

pemkab Lebak minta pemerintah pusat menambah formasi PPPK untuk penyuluh peternakan guna mendukung swasembada daging baik di daerah maupun nasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News