Pemkot Palembang akan Merelokasi Pedagang di Pasar Cinde yang Kiosnya Terbakar

Pemkot Palembang akan Merelokasi Pedagang di Pasar Cinde yang Kiosnya Terbakar
Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda saat meninjau ke lokasi kebakaran. Foto: Diskominfo Kota Palembang

jpnn.com - PALEMBANG - Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan pihaknya berencana merelokasi pedagang di Pasar Cinde Palembang, Sumatera Selatan, yang terkena musibah kebakaran. Pemkot akan menempatkan para pedagang itu di sejumlah pasar lainnya.

Pemkot Palembang merencanakan akan merelokasi mereka ke Pasar 26 Ilir, Pasar Palimo dan Pasar Gubah agar mereka bisa melakukan kegiatan berdagang,” ungkap Fitri seusai meninjau lokasi kebakaran di Pasar Cinde Palembang, Senin (28/11).

Menurut Fitrianti, rencana relokasi ini merupakan alternatif untuk sementara waktu, sebelum Pasar Cinde diperbaiki kembali pascakebakaran.  Dia mengatakan bahwa Pemkot Palembang akan memberikan sewa lapak gratis kepada para pedagang yang lapaknya terbakar tersebut.

“Saya memberikan saran dan jalan lain agar mereka bisa memilih tempat untuk berdagang sembari menunggu adanya perbaikan, nanti kami berikan sewa lapak gratis,” ungkapnya.

Selain mendapat lapak gratis, pedagang yang lapaknya terbakar akan memperoleh bantuan modal. “Untuk kios pedagang yang tidak terbakar, tetapi mengalami kerusakan, kami mengajak mereka (pedagang) untuk ikut pindah guna mendapatkan keselamatan, karena bangunan ini sangat rawan sekali," papar Fitrianti.

Dia menambahkan bahwa tawaran ini tidak dipaksakan kepada para pedagang di Pasar Cinde yang terkena musibah kebakaran tersebut. Menurut dia, hal ini hanya bersifat imbauan saja.

“Mengenai isu yang ada jika mereka pindah berjualan dan tidak bisa kembali jualan di sini, itu bukan wewenang pemkot karena itu kebijakan Pemprov Sumsel,” pungkas Fitri.

Kebakaran yang terjadi di Pasar Cinde Palembang, Minggu (27/11) sekitar pukul 23.30 WIB menghanguskan puluhan kios pedagang buah dan sayur. (mcr35/jpnn)

Pemkot Palembang akan merelokasi pedagang di Pasar Cinde yang kiosnya terbakar. Para pedagang akan ditempatkan di beberapa pasar lainnya.


Redaktur : M. Kusdharmadi
Reporter : Cuci Hati

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News