Pemuja Thaksin Antusias Sambut Hasil Pemiu Thailand

Pemuja Thaksin Antusias Sambut Hasil Pemiu Thailand
Pendukung Pheu Thai Party (PTP) di Bangkok antusias mengamati hasil pemilu. Foto: AP

jpnn.com, BANGKOK - Para simpatisan Pheu Thai Party (PTP) optimistis Sudarat Keyuraphan bisa mendapatkan kursi perdana menteri. Di kantor partai pemenang Pemilu 2011 tersebut, mereka selalu bersorak jika Sudarat disebut berpeluang oleh stasiun televisi yang menyiarkan pesta demokrasi di Negeri Gajah Putih itu.

Wartawan Jawa Pos Sidiq Prasetyo menyaksikan langsung antusiasme pendukung Sudarat di markas Pheu Thai Party yang berada di 1770 OAI Building New Petchburi Road Bangkapi, Huai Khwang, Bangkok. Mereka mayoritas memakai kaus merah yang menjadi penanda pendukung Sudarat.

''Kami sangat senang dengan kemenangan yang diraih Sudarat. Kami ini masih cinta kepada Thaksin,'' ungkap Savitree, salah seorang pendukung PTP. Savitree ikut bersorak seperti yang lain. Bahkan, dia rela mencorengi wajahnya dengan logo partai tersebut.

BACA JUGA: Thailand Memilih: Boneka Militer atau Pemuja Thaksin?

PTP memang merupakan jelmaan Thai Rak Thai, partai yang didirikan mantan PM Thaksin Shinawatra. Setelah dikudeta pada 2006 dan dituduh korupsi sehingga menjadi buron ke luar negeri, Thaksin mendirikan PTP.

Adiknya, Yingluck Shinawatra yang merupakan politikus anyaran ketika itu, menjadi ketua dan berhasil meraih kursi perdana menteri pada Pemilu 2011.

Namun, Yingluck akhirnya dikudeta militer pada 2014. Prayut Chan-o-cha, pemimpin kudeta tersebut, akhirnya menjadi perdana menteri.

Perwira itu kini menjadi kandidat PM yang diusung Partai Phalang Pracharat. Pemilu kemarin adalah yang pertama sejak kudeta militer tersebut. Salah satu pengurus PTP Top Polutcha tak ingin jemawa lebih dulu. Partainya akan memantau hasil suara yang masuk. (*/c22/sof)


Para simpatisan Pheu Thai Party (PTP) optimistis Sudarat Keyuraphan bisa mendapatkan kursi perdana menteri. Mereka adalah para pemuja Thaksin


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News