Pendaftaran CPNS 2018, Persaingan Diprediksi Super Ketat

Pendaftaran CPNS 2018, Persaingan Diprediksi Super Ketat
Peserta Tes CPNS. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jadwal pendaftaran CPNS 2018 dan formasinya hingga saat ini belum juga diumumkan. Badan Kepegawaian Negara (BKN) memperkirakan jumlah pendaftar bisa tembus 10 juta orang.

Sebagaimana diketahui tahun lalu pemerintah juga membuka pendaftaran CPNS baru. Hingga penutupan, jumlah pelamar mencapai 2,4 juta orang. Perinciannya 1,1 juta lebih pelamar gelombang pertama dan 1,29 jutaan melamar lowongan di gelombang kedua.

Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan menyebutkan potensi pelamar CPNS tahun ini lebih banyak. Prakiraan BKN sekitar delapan sampai sepuluh juta pelamar. Dari manakah perkiraan angka tersebut?

"Kira-kira satu formasi diperebutkan 40 pelamar. Menurut Menteri PAN-RB, perkiraan formasinya 200 ribu sampai 250 ribu," kata Ridwan, Selasa (12/6).

BACA JUGA: Pendaftaran CPNS 2018 Juni, Penetapan Formasi Akhir Mei

Jadi jika ditotal potensi pelamar CPNS tahun ini bisa sampai 10 juta orang. Untuk Ridwan mengatakan BKN harus menyiapkan infrastruktur pendaftaran online untuk antisipasi membludaknya pelamar CPNS tahun ini.

Diantaranya ada meningkatkan kapasitas website pendaftaran CPNS online yakni https://sscn.bkn.go.id. Sehingga ketika diakses oleh seluruh calon pelamar CPNS baru, tidak mengalami hambatan seperti server down atau sejenisnya. Upgrade infrastruktur lainnya adalah ketersediaan komputer untuk seleksi kompetensi dasar (SKD). (wan)


BKN memperkirakan jumlah pelamar pada pendaftaran CPNS 2018 diprediksi akan tembus hingga 10 juta orang.


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News