Pendidikan Harus jadi Agenda Utama Bangsa

Pendidikan Harus jadi Agenda Utama Bangsa
Pendidikan Harus jadi Agenda Utama Bangsa
JAKARTA - Pembaruan pendidikan akan berjalan kurang efektif dan efisien, jika pemerintahan mendatang tidak berkomitmen menjadikan pendidikan sebagai agenda utama untuk memajukan bangsa. Hal tersebut antara lain disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistiyo, dalam rapat dengar pendapat umum (RDPU) Panitia Khusus (Pansus) Pendidikan, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), di lantai 2 Gedung DPD Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (25/6), yang dipimpin ketuanya Sudharto.

Dijelaskan Sulistiyo, kronisnya masalah pendidikan bermula dari ketidakpedulian dan ketidaktahuan penyelenggara negara tentang peran pendidikan yang memajukan. Karena digampangkan sebatas bersekolah atau memberantas buta huruf, maka pendidikan terancam berbagai masalah kronis. "Padahal, efek akumulatif kesuksesan bidang pendidikan adalah marwah atau harga diri bangsa," tuturnya.

Sulistiyo juga membeberkan beberapa hal penting terkait dunia pendidikan. Terutama pada ranah fundamental dan filosofi pendidikan, yang belum menjawab tujuan nasional mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang diamanatkan Pembukaan UUD 1945, yang memerintahkan kecerdasan mestinya meluas.

"Perluasan kecerdasan itu meliputi kecerdasan inteligensia (intelligence quotient/IQ), emosional (emotional quotient/EQ), serta spiritual (spiritual quotient/SQ), yang dikenal sebagai kecerdasan majemuk (multiple intelligence/ MI). Semuanya mempertegas pengertian bahwa kecerdasan melampaui kepintaran," tegasnya.

JAKARTA - Pembaruan pendidikan akan berjalan kurang efektif dan efisien, jika pemerintahan mendatang tidak berkomitmen menjadikan pendidikan sebagai

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News