JPNN.com

Peneliti Denny JA: Politik Bukan Hanya Bicara Menang dan Kalah

Senin, 20 Mei 2019 – 21:42 WIB
Peneliti Denny JA: Politik Bukan Hanya Bicara Menang dan Kalah - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti LSI Denny JA Ikrama Masloman menganggap politik tidak bisa bicara soal menang dan kalah dalam konteks pemilihan umum. Sebab, Menurut dia, politik itu berbicara soal memperjuangkan kemaslahatan masyarakat.

Sementara di kalangan elite partai di Indonesia, Ikram melihat bahwa kemenangan itu merupakan harga yang kuat. Dia mencontohkan adanya pengumuman kemenangan dari pihak yang dia yak mau sebutkan.

Elite itu mengumumkan kemenangan berdasarkan hasil survei, tetapi kerap meralatnya sebanyak tiga kali. "Ini simpang siur, sementara publik harus menyaksikan datum di situ," kata Ikram dalam diskusi 'Peran Literasi Media Menolak Upaya Delegitimasi Pemilu 2019 yang diselenggarakan Kaukus Muda Indonesia (KMI)' di kawasan Jakarta Pusat, Senin (20/5).

BACA JUGA: KPU Buka Peluang Umumkan Hasil Penghitungan Suara Malam Ini

Ikram juga menyampaikan, pihak itu terakhir kali mengumumkan kemenangan 54 persen dengan hasil rekapitulasi yang belum 100 persen. Menurut dia, hal itu secara statistik sangat dangkal dan bisa dibantah dengan mudah.

"Tetapi, orang saat ini cenderung melihat informasi yang ingin didengarkan sehingga pada akhirnya tidak memverifikasi benar atau salah. Ini juga menambah kericuhan di media," jelas Ikram.

BACA JUGA: KPU Mulai Berancang-ancang Hadapi Gugatan di MK

Di samping itu, Ikram juga menyarankan pemerintah untuk membuat aplikasi fake check untuk memudahkan masyarakat melihat mana berita benar dan bohong. (tan/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...