Peneliti Menemukan Gen Penyebab Kemandulan Pria

Peneliti Menemukan Gen Penyebab Kemandulan Pria
Tuding Istri Mandul, Ditinggal, Melahirkan Anak Kembar. Ilustrasi Fajar/Radar Surabaya/JPNN.com

jpnn.com, AMERIKA - Para ilmuwan telah menemukan gen yang terkait dengan infertilitas pria. Penemuan ini diharapkan bisa menjelaskan 50 persen kasus yang tidak bisa dijelaskan.

Varian dari gen yang disebut SYCP2 bisa menjadi alasan mengapa beberapa pria berjuang agar pasangannya bisa hamil, menurut penulis penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Human Genetics.

Sejauh ini, para ilmuwan telah menemukan empat pria dengan masalah kesuburan.

Pada 1991, seorang pria berusia 28 tahun yang tidak bisa membuat pasangannya hamil selama dua tahun dan memiliki jumlah sperma yang sangat rendah dirujuk ke penulis penelitian.

Tim peneliti kemudian menilai kromosomnya, dan menemukan dia memiliki apa yang dikenal sebagai penyusunan ulang kromosom, di mana bagian-bagian kromosom mungkin hilang, digandakan, atau dipindahkan.

Ini tampaknya membuat gen SYCP2 20 kali lebih aktif.

Baca Juga:

Mengidentifikasi kelainan ini membuat para peneliti melihat bagaimana gen berperilaku di laboratorium menggunakan sel dan ragi.

Dengan memodelkan penataan ulang dalam ragi, mereka menemukan itu tampaknya memicu masalah terkait dengan produksi sperma yang rusak pada mamalia.

Temuan penyebab kemandulan pria ini diharapkan menjelaskan 50 persen kasus yang belum bisa dijelaskan.

Sumber msn

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News