Pengacara Dua Guru JIS Sayangkan Putusan Hakim

Pengacara Dua Guru JIS Sayangkan Putusan Hakim
Pengacara Dua Guru JIS Sayangkan Putusan Hakim

jpnn.com - JAKARTA - Patra M. Zen, pengacara dua guru JIS, Neil Bantleman dan Ferdinant Tjong, menyayangkan putusan majelis hakim yang menolak eksepsi (keberatan) atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Menurut Patra, dakwaan ini sesungguhnya sangat tidak jelas, absurd, dan tidak memiliki dasar hukum yang kuat. Karenanya, menurutnya, majelis seharusnya mengabulkan eksepsi kedua guru tersebut.

"Kami menghormati keputusan majelis hakim terhadap eksepsi. Tim pengacara dan terdakwa akan mendiskusikan upaya hukum yang akan ditempuh terkait dengan penolakan eksepsi," ujar Patra usai sidang di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, Selasa (16/12).

Dikatakan, dalam kasus ini JPU telah menyusun surat dakwaan berdasarkan Pasal Undang-Undang yang sudah tidak valid lagi. ‎Jaksa mendakwakan kedua guru JIS atas Pasal 80 dan 82 UU No 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Menurut Patra, hal itu tidak tepat karena ketentuan Pasal 80 dan 82 UU No 23 tahun 2002 tersebut telah diubah oleh UU 35/2014 tentang Perubahan UU 23/2002 tentang Perlindungan Anak, yang telah diundangkan pada 17 Oktober 2014. Sehingga Dakwaan Jaksa disusun berdasarkan pasal-pasal yang sudah tidak berlaku lagi, sehingga dapat disebut cacat hukum.

"Dalam Surat Dakwaan terhadap Neil dan Ferdi yang telah dibacakan oleh JPU pada 2 Desember 2014 masih menggunakan UU no 23 tahun 2002. Karena itu Surat Dakwaan JPU tersebut nyata-nyata dan amat terang melanggar Pasal 143 ayat (2) huruf b KUHAP.  Surat Dakwaan terhadap Neil dan Ferdi dibuat secara tidak cermat, tidak jelas dan tidak lengkap," tegas Patra.

‎Patra mengatakan, Majelis Hakim sudah semestinya menyatakan Surat Dakwaan JPU  batal demi hukum (venrechtswege nietig) karena tidak memenuhi syarat materiil penyusunan Dakwaan.  JPU juga sudah melanggar Surat Edaran Jaksa Agung RI No. SE-004/J.A/11/1993 tentang Pembuatan Surat Dakwaan.

Berdasarkan ketentuan Pasal 143 ayat (2) KUHAP, amat jelas Surat Dakwaan terhadap Neil dan Ferdi mesti dinyatakan batal demi hukum (Null and Void).

JAKARTA - Patra M. Zen, pengacara dua guru JIS, Neil Bantleman dan Ferdinant Tjong, menyayangkan putusan majelis hakim yang menolak eksepsi (keberatan)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News